Mengenal Pulau Sulawesi Indonesia

Tinjauan Umum Tentang Pulau Sulawesi, Sulawesi adalah nama pulau di Indonesia yang berada

Tinjauan Umum Tentang Pulau Sulawesi, Sulawesi adalah nama pulau di Indonesia yang berada di dalam Kepulauan Maluku dan Pulau Kalimantan. Mempunyai luas kurang lebih 174. 600 km persegi, Sulawesi merupakan kepulauan terbesar ke-11 didunia. Di Negara Indonesia, luas Pulau Sulawesi menempati peringkat ke-4 setelah Papua, Sumatera, dan Kalimantan. Dalam bahasa Inggris, sebutan lama untuk Sulawesi yakni Celebes. Sebutan Celebes untuk nama Sulawesi yang pertama kali menggunakannya yaitu bangsa Portugis.

Di perkirakan, nama Sulawesi sendiri berasal dari sula dan besi. Sula bermakna pulau serta wesi atau besi yang dapat mengacu pada praktik perdagangan bijih besi yang merupakan penghasil tambang yang ada di daerah Danau Matano.


Tana Toraja

Didalam peta Indonesia, Sulawesi memiliki bentuk yang gampang kita diingat. Berupa huruf “K” yang memanjang dari utara sampai selatan. Berbatasan dengan Pulau Kalimantan yang dipisahkan oleh Selat Makassar, serta berbatasan oleh Kepulauan Maluku yang dipisahkan oleh Laut Maluku, di sisi utara berbatasan dengan Filipina, di sisi selatan berbatasan dengan Kepulauan Flores, serta di sebelah tenggara berbatasan dengan Timor Leste.

Berdasar pada kepadatan jumlah penduduk di Pulau Sulawesi, berikut urutan Sepuluh kotakota besar yang ada di Sulawesi :
  1. Makassar
  2. Manado
  3. Palu
  4. Kendari
  5. Bitung
  6. Gorontalo
  7. Palopo
  8. Baubau
  9. Parepare
  10. Kotamobagu
Pulau Sulawesi yang dibagi jadi enam provinsi yakni, Sulawesi Barat dengan ibukota Mamuju, Sulawesi Tengah dengan ibukota Palu, Sulawesi Selatan dengan ibukota Makassar, Gorontalo dengan ibukota Gorontalo, Sulawesi Utara dengan ibukota Manado, serta Sulawesi Tenggara dengan ibukota Kendari. Provinsi Sulawesi Tengah adalah wilayah yang paling besar. Luas daratan capai kurang lebih 68. 033 km persegi serta luas lokasi laut kurang lebih 189. 480 km persegi yang menjangkau seluruh semenanjung bagian timur serta beberapa meliputi semenanjung bagian utara, dan Kepulauan Togean yang ada di Teluk Tomini serta sebagian pulau di Banggai Kepulauan di Teluk Tolo. Ada 4 semenanjung di Sulawesi Indonesia yakni Semenanjung Timur, Semenanjung Selatan, Semenanjung Tenggara, serta Semenanjung Minahasa. Daerah paling tinggi dengan ketinggian sekitar 3. 478 m dpl yaitu Puncak Gunung Rantemario. Gunung ini ada di wilayah Sulawesi Selatan.

Kapal pinisi

Kapal pinisi suku bugis yang terdapat Pulau Sulawesi, Suku Bugis adalah suku yang paling dominan. Suku Bugis bisa diketemukan di seluruh tempat di Pulau Sulawesi. Sebagian besar mata pencaharian Suku Bugis yaitu pedagang. Suku ini sangatlah menjunjung tinggi harga diri serta martabat Suku Bugis. Suku Bugis populer juga dengan Kapal Pinisi. Pinisi adalah warisan budaya leluhur suku Bugis.

Selain Suku Itu Bugis, terdapat pula Suku Toraja, penduduk asli Pulau Sulawesi yang menempati dibagian selatan. Suku Toraja mempunyai keanekaragaman arsitektur yang indah dan kebudayaannya yang unik. Tradisi upacara pemakaman suku Toraja. Adalah ritual yang amat utama dalam kehidupan Suku Toraja, lantaran mereka yakin bahwa seseorang yang wafat tanpa ada upacara pemakaman yang layak, jiwa seorang yang wafat bakal membawa musibah untuk kerabat keluarga yang ditinggalkannya.

Islam adalah agama sebagian besar di Sulawesi Indonesia. Golongan Islam yang paling banyak yakni Islam Sunni Sulawesi. Agama Kristen paling banyak ada di ujung semenanjung utara di Kota Manado dan sekitar Poso/Palu di Sulawesi Tengah. Agama yang lain yang masih tetap berkembang yakni aliran kepercayaan.

Keindahan laut bunaken

Keindahan laut bunaken di sulawesi utara adalah satu diantara tujuan yang digemari banyak orang di Indonesia. Beragam jenis obyek wisata seperti Teluk Kendari, Pantai Nambo, Air Terjun Samparona dan lain-lain sebagainya. Kekhasan Pulau Sulawesi ada pada pesisir pantai yang indah, daerah pegunungan yang menawan, keanekaragaman kebiasaan serta budaya dan keindahan taman lautnya yang indah yang merupakan satu diantara terbaik didunia yaitu Bunaken.

COMMENTS

Nama

Air Terjun,1,BERITA,3,BUDAYA,2,Destinations,2,Event,3,Gorontalo,1,LOMBA FOTO,1,Lomba Menulis,2,Pulau Sulawesi,3,Sinjai,1,Snorkeling,5,Sulbar,1,Tanatoraja,1,Travel Ideas,1,Travelers Stories,2,Traveling News,1,Visit Sulawesi,2,Wisata,15,Wisata Alam,9,Wisata Gunung,2,Wisata Pantai,6,
ltr
item
Traveling Celebes: Mengenal Pulau Sulawesi Indonesia
Mengenal Pulau Sulawesi Indonesia
Tinjauan Umum Tentang Pulau Sulawesi, Sulawesi adalah nama pulau di Indonesia yang berada
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2Arl7j6FucLo0pzd5Xw4HbLihu2A7rIOVizUOJlJMh93nF8jNdaA0FW7KV8fUy2Is5fH-2E2I9UHRikteRYdCvMyUOlcxKEtL93N-AlwnNuHU9O7VTYAnYZ6sXoc1C4nlUiMT6A-spAs/s1600/Tana+Toraja.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2Arl7j6FucLo0pzd5Xw4HbLihu2A7rIOVizUOJlJMh93nF8jNdaA0FW7KV8fUy2Is5fH-2E2I9UHRikteRYdCvMyUOlcxKEtL93N-AlwnNuHU9O7VTYAnYZ6sXoc1C4nlUiMT6A-spAs/s72-c/Tana+Toraja.jpg
Traveling Celebes
https://traveling-celebes.blogspot.com/2014/09/mengenal-pulau-sulawesi-indonesia.html
https://traveling-celebes.blogspot.com/
https://traveling-celebes.blogspot.com/
https://traveling-celebes.blogspot.com/2014/09/mengenal-pulau-sulawesi-indonesia.html
true
1901654338943360259
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy